Minggu, 26 Agustus 2012

Gue & Drum


Gue udah agak lama sih nge-Drum nya, pertama kali belajar sekitar kelas 3smp, belajar nya ama kakak kelas gue tuh, dia dulu salah satu drummer yang sangat diperhatikan juga sih didaerah gue.
Gue masih ingat bener apa yang gue pelajarin pertama kali, gue cuma
disuruh main rhytm dasar rock dengan tempo lambat, itu disuruh main kaya gitu sampe 1 jam an, sampai habis jam les nya.
Trus pertemuan selanjutnya belajar Fill-in2 dasar, kaya cuma mainin singe stroke 1/8 di snare, trus di tom-tom, trus digabung snare, tom-tom, floor, ya kaya gitu2lah.

Pada saat itu gue juga ga giat2 amat latihanya, drum juga ga punya, tapi gue suka banget sticking, mainin single stroke, double stroke, paradiddle, trus karna ga punya metronome gue biasa pake kaki gue untuk metronome, suara detik di jam dinding juga kadang2. maksimalkan ajah apa yang bisa dijadikan media pendukung latian.

Pelan2 gue udah agak lancar main drumnya, trus
coba-coba bikin band, ngajakin temen2 disekolahan ternyata ada yang mau, ya kita coba latian deh. Inget bener lagu yang pertama kali gue mainin itu lagunya Padi-Semua Tak Sama, emang gak ada sama2nya gue main, hahahahaha . .
Tapi akhirnya gue lancar mainin lagunya, karna yang gue kulik pada saat itu cuma lagu itu ajah. haha. .
trus coba2 ikut festival2 musik gitu, beruntung banget gua aktif2nya main musik pada saat itu, karna event2 musik kaya festival, parade musik minimal 5kali dalam setahun, ga kaya sekarang, mulai dari tahun 2008-sekarang event2 makin berkurang di ketapang. Gue beruntung karna banyak festival yang memberikan kesempatan kami untuk belajar perform di depan orang banyak, 5kali ikut festival 5kali perform, itu efek nya besar loh, jadi salah satu yang diperlukan pemusik itu "Jam Terbang". Semakin kamu berani main di depan orang rame, semakain santai kamu mengeluarkan apa yang kamu ingin tunjukkan di panggung. Juga salah satu faktor yang akan mengurangi persentase lupa bagan lagu pas saat perform.
Lupa bagan lagu ituh penyakit yang pasti dialami semua pemusik loh.

Seiring berjalannya waktu(sok2 gimana gitu ya bahasanya) gue makin enak main drumnya, sampai akhrinya gue bisa dapat penghargaan The best drum juga didaerah gue. Dari situ mulai deh gue dipandang ama pemusik2 senior didaerah gue, mulai diajakin nge-job2 gitu, main di cafe, event2 musik kaya live musik, pokoknya merasa deh uang dari musik.
Secara ga sadar musik udah menjadi media untuk mencari banyak teman, dari besar kecil, tua muda, cewe cowo, semua deh.
Kalo udah kaya gini, hal yang sangat perlu kita perhatikan adalah "Atitude" atau Sikap kita dalam bergaul, disiplin waktu, dan tanggung jawab dengan janji.
Kata sumber terpercaya seorang drummer yang berhasil itu pasti "Attitude"nya bagus banget.

Gue Juga pernah belajar dijakarta, walaupun ga kursus langsung ke sekolah musik. Ceritanya gue ama anak2 Ketapang Drummer Club ngadain Klinik Drum gitu, trus pembicara nya kita undang dari Jakarta, Dwi Agus Priyanto,SE dia itu Instruktur drum nya Yamaha Music School dijakarta, juga dosen di IMI. Setelah acara selesai, gue diajakin dia ke Jakarta, kebetulan gue kemaren putus kuliah di ketapang, trus gue berfikiran apa salahnya coba2 kesana. Sampai disana gue diajarin banyak tentang drum, mulai dari baca(reading) tulis(writing) not2 drum, sampai ke tehnik2 drum dari yang dasar ampe yang sulit. Karena gue basic nya udah bisa ngedrum, jadi agak nyaman gitu nyerap ilmunya, sekitar 4bulanan gue belajar, gue pelan2 diajakin dia ke tempat dia ngajar, sampai akhirnya gue pernah di jadiin asisten dia gitu, kalau dia berhalangan ngajar gue yang gantiin dia.
Sampai akhirnya gue mutusin untuk pulang lagi ke ketapang, sebenarnya banyak yang marahin gue ngapain sih pulang lagi ke ketapang, gak maju kalau diketapang terus katanya. Ada banyak alasan yang membuat saya gak kesana lagi, keadaan nya gak memungkinkan buat gue bertahan disana soalnya.
Akhirnya sampai sekarang gue coba2 aja deh bertahan dulu diketapang, sambil2 ngumpulin niatan lagi pengen keluar lagi, pengen coba ngebuktiin lagi benar atau ga nasib gue mujur dimusik.
Gue pengen banget jadi Drummer yang berhasil, ya mungkin bisa jadi Instruktur Drum disalah satu sekolah musik, atau buka sekolah musik gitu di Ketapang. Gue sih pengen banget buka Kursus Drum disini, cuma dikarenakan biaya terbatas, trus masih belum ketemu ama seorang yang mau nginvestasikan uangnya buat Kursus musik gue, ya gue tahan2 dulu niatnya.
Gue sebenarnya punya keingian coba2 cari lowongan di pontianak, cuma untuk sekarang udah keburu kerja ama salah satu operator telepon cabang ketapang, jadi pelan2 gue coba ngumpulin niat lagi, dan berharap nasib gue yang bener2 ngebawa gue jadi seorang drummer berhasil seperti yang gue harapkan(Amin-in dong broh . . . ^_^ )
Sekarang sih gue tinggal bagi2 waktu ajah, antara kerja ama Bermusik, gue aktif didunia event2 diketapang, dan seperti biasa ngejob2 ajah main di Live Music dicafe2, mainin all around music.
Terakhir gue pernah main ama Melly Goeslow loh diacara kawinan anaknya pejabat daerah gitu. Gila tu berasa banget dak dik duk jantung gue bro, secara baru pertama kali main ama Artis Nasional.
ntar deh gue share Video nya bro, bukan mau sombong2an loh, cuma pengen share2 ajah.

Okeh, segitu dulu cerita Gue & Drum nya ya, ntar aku update trus ceritanya, sapa tau gue bisa jadi Drummer professional seperti yang gue impiin. (hahah . . NGAREP!!! -___- )